Strategi Bisnis: Begini Cara Bersaing Dengan Kompetitor Baru




Ecommerce saat ini hadir sebagai solusi untuk mengatasi masalah yang dihadapi pengusaha, seperti mahalnya biaya sewa tempat, membeli rak, dan investasi pada toko. Bahkan, hanya dengan sedikit modal dan pemanfaatan teknologi yang tepat, kita bisa dengan mudah berjualan secara online.
Memulai sebuah bisnis ecommerce memang realatif mudah. Tapi, yang perlu diingat adalah sejak bisnis ecommerce itu dibuat dan mulai berjalan, pasti akan ada yang namanya kompetitor/pesaing. Kita harus siap untuk menghadapi persaingan dari perusahaan-perusahaan besar yang sudah ada, atau bahkan dari perusahaan baru. Tapi jangan khawatir, ada 4 tips yang bisa kita gunakan untuk bisa bersaing dengan para kompetitor.

1. Berpikirlah kreatif
Hampir sebagian besar online retailers selalu menggunakan alat pemasaran yang sama untuk menarik pelanggan baru, antara lain iklan PPC, iklan banner, dan bahkan penempatan produk sama seperti di Amazon atau Newegg.
Daripada meniru iklan dari kompetitor, cobalah berpikir kreatif bagaimana menciptakan iklan baru yang bisa menarik perhatian dan mendapatkan pelanggan baru.
Sebagai contoh, kita bisa mengadakan kontes dengan hadiah yang menarik. Ajak pelanggan yang sudah ada untuk ikut, dan berikan hadiah tambahan jika mereka berhasil mengajak orang lain untuk ikut. Cara lain bisa mencoba iklan pre-roll di YouTube, atau radio.
2. Berikan layanan pelanggan yang terbaik
Salah satu tantangan terbesar bagi bisnis ecommerce baru adalah bagaimana mengelola layanan pelanggan. Oleh karena itu, online retailers bisa memaksimalkan layanan pelanggan ini untuk menjadi lebih kompetitif.
Berikan layanan pelanggan yang maksimal seperti, menawarkan kebijakan pengembalian yang menguntungkan, dan sediakan fitur live chat. Ketika pelanggan merasa puas dan senang dengan layanan pelanggan yang kita berikan, dorong mereka untuk memberikan nilai atau menuliskan testimonial yang positif.
3. Buat penawaran yang unik
Pelanggan baru di kompetitor mungkin saja itu adalah pelanggan lama kita. Hal itu berarti bahwa sang kompetitor memberikan penawaran yang lebih menarik untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.
Untuk mencegah hal ini, gunakan metode email marketing atau after-the-sale promotions untuk memberikan penawaran ekstra kepada pelanggan. Sebagai contoh, kita bisa mengirimkan pesan email berupa ucapan terima kasih ke pelanggan yang telah melakukan pembelian. Seiring dengan email tersebut, kita juga bisa menawarkan diskon untuk produk-produk terkait, atau hadiah gratis untuk pembelian berikutnya, dan masih banyak lagi.
4. Berikan insentif pada pelanggan setia
Terakhir, kita mencoba memberikan insentif pada pelanggan yang loyal/setia. Misalnya, pembeli akan menerima poin untuk setiap pembelian produk tertentu. Kemudian ketika mencapai poin tertentu pembeli bisa menukarkannya dengan voucher belanja atau yang lainnya.
Trik ini mungkin hanya semacam tool sederhana bagi bisnis ecommerce. Memberikan penawaran ke pelanggan kesempatan untuk bergabung secara gratis untuk bisa segera mendapatkan poin.
Pastikan agar pembeli juga bisa melihat poin yang telah mereka miliki dan berapa banyak pembelian yang dibutuhkan untuk mendapatkan hadiah.
Itulah 4 tips sederhana bagaimana bersaing dengan kompetitor baru. Jika kompetitor barumu adalah toko online besar jangan khawatir, yuk intip artikel Ingin Bersaing Dengan Raksasa Toko Online? Gunakan 5 Tips Ini. Tetap semangat!

Share this :

Previous
Next Post »